Pengertian Sugesti

Apa itu Sugesti? | Arti dari saran adalah pengaruh psikis, baik datang dari diri sendiri, atau datang dari orang lain, yang umumnya diterima tanpa ada kritik dari individu yang bersangkutan.

Karenanya saran tersebut dapat dibedakan menjadi:

  1. saran otomatis, yaitu saran diri, saran yang datang dari dalam individu yang bersangkutan, dan
  2. saran hetero, yaitu saran yang berasal dari orang lain. Misalnya, seringkali seseorang merasa sakit, meski secara obyektif memperhatikan keadaan terapi yang sehat karena auto saran orang tersebut merasa tidak sehat, maka ia merasa tidak sehat. Contoh untuk saran hetero misalnya di bidang perdagangan, orang menyebarkan barang dagangan mereka sedemikian rupa, sampai tanpa pemikiran lebih lanjut orang tersebut mengkonsumsi propaganda tersebut, dan hanya menerima apa yang diajukan oleh pedagang yang bersangkutan.

Imitasi dan saran perannya dalam interaksi hampir sama hebatnya, namun berbeda. Meniru, orang yang meniru keadaannya memang aktif sebaliknya dengan ditiru dalam keadaan pasif. Sedangkan atas saran orang secara sengaja dan aktif memberikan pandangan, norma dan sebagainya yang bisa diterima.

Terjadinya proses saran mengikuti proposisi berikut:

  • Saran akan mudah diterima oleh orang lain saat kekuatan kritis mereka terhambat. Orang yang berpikir kurang atau kurang kritis akan mudah terpengaruh. Kekuasaan kritis akan terhambat ketika orang-orang terkena stimulus emosional. Atau dalam keadaan fisik dan mental yang lelah. Misalnya, orang yang sudah berjam-jam rapat, ia lelah baik secara fisik maupun psikologis, keengganan untuk berpikiran berat, sehingga biasanya dalam keadaan seperti itu orang akan mudah menerima pendapat, pandangan orang lain, atau dengan kata lain orang tersebut akan mudah menerima. saran dari pihak lain
  • Sugesti akan mudah diterima oleh orang lain, bila kemampuan berpikir terbagi (disosiasi). Orang mengalami disosiasi saat orang tersebut dalam keadaan kebingungan sehingga mudah menerima pengaruh orang lain. Secara psikologis seseorang yang dalam keadaan kebingungan berusaha mencari solusinya karena jiwanya tidak damai sehingga mudah dipengaruhi oleh pihak lain.
  • Sugesti akan mudah diterima oleh orang lain, jika materi mendapat dukungan dari orang banyak (mayoritas saran). Dalam proposisi ini orang akan mudah menerima pandangan, nporma, pendapat dan sebagainya saat mendapat dukungan mayoritas.
  • Sugesti akan mudah diterima oleh orang lain, jika orang yang memberi materi adalah orang yang memiliki otoritas. Meski materi yang diberikan sama tapi kalau yang memberi beda maka akan ada juga perbedaan penerimaan. Orang yang memiliki otoritas akan cenderung mudah diterima karena tingkat kepercayaan yang tinggi [1945906]
  • Sugesti akan mudah diterima oleh orang lain, jika orang yang bersangkutan memiliki pendapat yang mendahului arah yang sama. Jika dalam satu orang ada pendapat yang telah mendahului dan selaras dengan yang disarankan maka kebanyakan orang akan mudah menerima pendapat itu.


Saran saran, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda!

Juga baca:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Sugesti"

    Pengertian Cinta Menurut Para Ahli
    Apa itu Cinta? | Memahami Cinta dalam
    Pengertian Budaya Demokrasi
    Apa Budaya Demo krasi? | Kata budaya
    Pengertian Kecerdasan Emosi Menurut Para Ahli
    Apa yang Memahami Kecerdasan Emosional? | Sebelum
    Pengertian Gaya Hidup
    Definisi Gaya Hidup - Gaya Hidup adalah

    Tinggalkan pesan "Pengertian Sugesti"