Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Definisi Ras – Ada beberapa ilmuwan yang mengusulkan tentang gagasan tentang ras. Gross (cit Daldjoeni, 1991) menunjukkan [1945993] ras adalah sekelompok orang yang satu kesatuan karena memiliki atribut fisik dan spiritual yang sama yang diturunkan, sehingga dapat dibedakan satu sama lain.

Kohlbrugge (cit Daldjoeni, 1991) menyatakan bahwa perlombaan adalah sekelompok manusia yang memiliki karakteristik fisik serupa karena terungkap, di mana karakteristik spiritual tidak diperhitungkan.

Haldane (cit Daldjoeni, 1991) menyatakan bahwa ras adalah sekelompok manusia yang memiliki satu kesatuan karakter fisik dan asal geografis dalam wilayah tertentu.

Chainur Arrasjid (1972) profesor hukum USU menyatakan bahwa ras adalah sekelompok orang yang memiliki atribut khusus kelahiran tertentu yang diteruskan kepada keturunannya.

Klasifikasi Ras Manusia

Ada banyak sistem klasifikasi rasial manusia dari berbagai ilmuwan terkenal, karena oleh masing-masing ilmuwan menggunakan salah satu sifat sebagai dasar klasifikasinya. Misalnya: klasifikasi yang menggabungkan ciri morfologi dan geografis pada sistem (Blumenbach, 1755 cit Koentjaraningrat, 1968).

Klasifikasi yang menggunakan warna rambut dan bentuk rambut sebagai fitur yang paling penting dari sistem (Deniker, 1889 cit Koentjaraningrat, 1968). Semua klasifikasi ini masih berdasarkan metode morfologi. Secara tradisional, ras manusia oleh para ahli dibedakan atas tiga ras besar: (1) ras Kaukasia; (2) ras Mongoloid dan (3) balapan negro. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih jauh ternyata pembagian umat manusia bisa lebih rinci lagi untuk balapan Khoisan, balapan Australoid, ras Kaukasia, ras Mongoloid dan lomba Negroid.

Sejauh ini deskripsi Pemahaman Ras Menurut Pakar, semoga bermanfaat.

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Ras Menurut Para Ahli"

    Pengertian Dan Unsur Unsur Kebudayaan
    Memahami Budaya dan Unsur Unsur Budaya |
    Pengertian Komunikasi Antar Budaya (KAB) Menurut Para Ahli
    Apa Komunikasi Antara Budaya? Tema sentral yang
    Pengertian Keluarga Dan Ciri-Ciri Keluarga
    Pengertian Keluarga - Keluarga dengan sistem konjungal,
    Pengertian Sistem Sosial
    Definisi Sistem Sosial - Umumnya masyarakat mendefinisikan

    Tinggalkan pesan "Pengertian Ras Menurut Para Ahli"