Pengertian Patriostisme

Apa itu Patriotisme? Patriotisme berasal dari kata Patriot, yang berarti sepasang kekasih dan pembela tanah air. Sementara Patriotisme berarti adalah semangat cinta tanah air. Definisi Patriotisme adalah sikap untuk selalu mencintai atau membela tanah air, pejuang sejati, pejuang sebuah bangsa yang memiliki semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, di mana dia bersedia mengorbankan segalanya termasuk jiwanya. demi kemajuan, kemuliaan, dan kemakmuran tanah air.

Mangunhardjana (1985: 33) menyebutkan beberapa karakteristik patriotisme sejati, yaitu:

  1. Membuat kita mampu mencintai negara dan negara kita sendiri, tanpa menjadikannya tujuan untuk dirinya sendiri tetapi untuk menciptakannya menjadi bentuk solidaritas. untuk mencapai kesejahteraan mereka sendiri dan bersama dengan semua warga negara dan negara. Patriotisme sejati sangat bertanggung jawab atas seluruh bangsa.
  2. Berani melihat diri Anda seperti adanya plus-minusnya, unsur positif negatif, dan menerimanya dengan hati.
  3. Melihat bangsa dalam perspektif sejarah, masa lalu, dan masa depan. Patriotisme sejati adalah memanfaatkan nilai-nilai spiritual dan budaya bangsa, memperjuangkan masa kini, sesuai cita-cita yang ditetapkan.
  4. Melihat, menerima, dan mengembangkan karakter kepribadian bangsa itu sendiri. Patriotisme sejati adalah rasa identitas diri.
  5. Melihat umatnya dalam konteks kehidupan dunia, mau terlibat di dalamnya dan mau belajar dari bangsa lain. Patriotisme terbuka.

Seseorang yang memiliki sikap patriotik dan perilaku ditandai sebagai berikut:

  1. Cinta tanah air
  2. Rela pengorbanan untuk kepentingan bangsa dan negara
  3. (19659006)
  4. Tidak mudah menyerah

Menurut Ensiklopedia Indonesia, patriotisme adalah cita rasa cinta dan persatuan

  • dan kesetiaan satu untuk tanah air dan bangsa, kekaguman terhadap adat istiadat, kenggaan sampai sejarah dan budaya dan sikap dedikasi untuk kebaikan bersama.
  • Menurut Kamus Umum Indonesia, patriotisme adalah sikap dan hasrat yang sangat mencintai tanah air sehingga berani berkorban jika diminta oleh negara.

    Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Patriotisme adalah sebuah sikap yang berasal dari perasaan cinta di tanah air sehingga menghasilkan kemauan untuk berkorban bagi bangsa dan negaranya.


    Rasa patriotisme semacam itu, semoga bermanfaat!

    Baca juga:

    author
    Penulis: 

      Posting Terkait "Pengertian Patriostisme"

      Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli
      Apa Itu Partisipasi? Kata Partisipasi telah sering
      Pengertian Partisipasi Masyarakat
      Apa Itu Partisipasi Masyarakat? Partisipasi masyarakat ikut
      Ciri-ciri Negara Berkembang Dan Negara Maju
      Sejarah Negara Berkembang dan Negara Maju Pada
      Pengertian Musyawarah
      Apa Itu Musyawarah? | Definisi musyawarah menurut

      Tinggalkan pesan "Pengertian Patriostisme"