Pengertian Liberalisme

Apa itu Liberalisme? Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filosofis, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik utama. Liberalisme tumbuh dari konteks masyarakat Eropa di abad pertengahan. Pada saat itu masyarakat ditandai oleh dua karakteristik berikut. Anggota masyarakat terikat satu sama lain dalam sistem dominasi yang kompleks dan tegas, dan pola hubungan dalam sistem ini statis dan sulit dipahami.

Gagasan Liberal telah berkembang sejak zaman Reformasi Gereja dan Renaisans yang menandai akhir Abad Pertengahan (abad V-XV). Disebut liberal, yang secara harfiah berarti bebas dari pengekangan, karena liberalisme menawarkan konsep hidup bebas dari pengawasan gereja dan raja. Ini adalah kebalikan dari kehidupan Barat abad pertengahan ketika gereja dan raja mendominasi semua aspek kehidupan manusia.

Secara umum, liberalisme bercita-cita untuk sebuah masyarakat bebas, yang ditandai dengan kebebasan berpikir terhadap individu. Gagasan liberalisme menolak pembatasan, terutama dari pemerintah dan agama. Liberalisme menyerukan pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung perusahaan swasta yang relatif bebas, dan sistem pemerintahan yang transparan, dan menyangkal pembatasan terhadap properti individual. Oleh karena itu gagasan liberalisme lebih jauh menjadi dasar bagi pertumbuhan kapitalisme.

Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, ini karena keduanya mendasarkan kebebasan mayoritas. Bandingkan Manifesto Oxford dari Liberal International: "Hak dan kondisi ini hanya dapat diperoleh melalui demokrasi sejati, demokrasi sejati tidak dapat dipisahkan dari kebebasan politik dan didasarkan pada persetujuan kelompok bebas yang disadari, bebas, dan tercerahkan, yang diungkapkan melalui rahasia dan rahasia. surat suara, menghormati kebebasan dan pandangan minoritas.

Masyarakat terbaik (rezim terbaik), menurut liberalisme adalah apa yang memungkinkan individu mengembangkan kemampuan individual secara keseluruhan. Masyarakat yang baik semua individu harus dapat mengembangkan pemikiran dan talenta mereka. mengharuskan individu untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka, dan tidak membuat seseorang melakukan sesuatu untuknya atau seseorang untuk mengatakan apa yang harus dilakukan.

Karakteristik ideologi liberalisme

Karakteristik ideologi lib eral sebagai berikut:

1. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang lebih baik

2. Anggota masyarakat memiliki kebebasan intelektual penuh, termasuk kebebasan berbicara, kebebasan beragama dan kebebasan. dom pers.

3. Pemerintah hanya mengatur kehidupan masyarakat secara terbatas. Keputusan dibuat sedikit untuk orang-orang sehingga orang bisa belajar membuat keputusan sendiri

4. Kekuasaan seseorang terhadap orang lain adalah buruk.

5. Semua masyarakat dikatakan bahagia saat setiap individu atau sebagian besar individu bahagia.

6.

Ideologi Liberalisme Dibentuk

Ajaran tentang liberalisme ortodoks sangat mewarnai pemikiran Pendeta Amerika sebagai George Wythe, Patrick Henry, Benjamin Franklin, atau Thomas Jefferson.

Negara-negara yang merangkul Ideologi Liberalisme

Beberapa negara di Amerika yang merangkul ideologi liberalisme Amerika Serikat, Argentina, Bolivia, Brasil, Cile, Kuba, Kolombia, Ekuador, Honduras, Kanada, Meksiko, Nikaragua , Panama, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela. Saat ini, lebih banyak liberalisme juga menyusut oleh negara-negara Aruba, Bahama, Republik Dominika, Greenland, Grenada, Kosta Rika, Puerto Riko dan Suriname. Ada banyak negara lain yang menganut Ideologi Liberalisme di benua lain.

Rasa liberalisme semacam itu, semoga bermanfaat!

Juga baca:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Liberalisme"

    Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli
    Apa Itu Partisipasi? Kata Partisipasi telah sering
    Pengertian Partisipasi Masyarakat
    Apa Itu Partisipasi Masyarakat? Partisipasi masyarakat ikut
    Ciri-ciri Negara Berkembang Dan Negara Maju
    Sejarah Negara Berkembang dan Negara Maju Pada
    Pengertian Musyawarah
    Apa Itu Musyawarah? | Definisi musyawarah menurut