Pengertian Komunikasi Kinesik dan Komponennya

Apa itu Kinesik (ilmu gerak)? | Pada tahun 1872, Charles Darwin pencetus teori evolusi menulis buku pertamanya berjudul The Expression of the Emotion in Man and Animals. Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah lebih lanjut mengenai topik ini selama satu setengah abad ke depan.

Salah satu pelopor dalam bidang penelitian bahasa tubuh adalah Ray Birdwhistell, antropolog Amerika yang bertugas di tahun 1950an. Dia menyebut komunikasi tanpa kata-kata ini sebagai kinesik karena penelitian dilakukan untuk mengetahui bagian-bagian tertentu dari tubuh, atau secara keseluruhan yang memiliki peran utama dalam mengkomunikasikan pesan.

Kinesik (ilmu gerak) adalah studi tentang sesuatu yang dapat diamati, tersembunyi dan bermakna untuk komunikasi di lingkungan sosial untuk menemukan makna gerakan tersebut. Kinesik melihat secara abstrak dari pergeseran otot biasa dimana karakter yang hadir dalam sistem psikologis bergabung untuk bergerak bersamaan dalam proses komunikasi dan untuk sistem interaksi dalam kelompok sosial.

Komunikasi kinesik adalah bentuk komunikasi nonverbal yang paling jelas namun juga bentuk komunikasi yang paling membingungkan karena memberikan berbagai makna melalui pergerakan anggota badan.

Studi tentang kinesik dan budaya biasanya terbatas pada budaya isyarat khusus. Kinesik berfokus pada pemberian pesan yang ditunjukkan pada budaya kinesik. Kelompok manusia sering mengatakan "ya" dan "tidak" secara kistik, meskipun mereka tidak mengangguk dan menggelengkan kepala dalam asosiasi positif dan negatif. Pengamatan tanda "ya" dan "tidak" adalah studi tentang bagaimana studi kinesik dapat terjadi dalam kehidupan yang berbeda, walaupun ada banyak kesamaan.

Misalnya, penunjukan alis, secara universal, menyatakan "ya" dan menggelengkan kepalanya untuk mengatakan "tidak" dalam interaksi sosial. Ini selempang kepala sangat umum pada manusia dan hewan. Darwin mengaitkannya dengan penolakan bayi akan pengiriman susu saat bayi merasa kenyang. Eibl-Eiblesfeldt menemukan situasi ini pada anak-anak tuna rungu. Ia merasa penolakan itu berasal dari cara semak binatang.

Kinesik memainkan peran utama dalam perubahan kontrol. Ada pembicara yang melakukan gerakan yang berbeda, seperti gerakan kepala pendek yang sinkron dengan ucapan dan isyarat yang mengklarifikasi ucapan. Dengan menghentikan gerakan seperti itu, dia berhenti berbicara. Secara umum pendengarnya lebih memperhatikan pembicara daripada pembicara yang melihat pada pendengarnya.

Komponen utama komunikasi kinesik adalah:


1. Tanda Wajah
Tanda Wajah meliputi ekspresi wajah, kontak mata, gerak tubuh, alis, mulut dan lain-lain. Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, kita paling sering melihat wajah mereka. Di wajah ada 90 saraf yang bisa menyampaikan pesan. Sedikit perubahan bisa saja mengubah makna pesan yang ingin disampaikan. Alis dan alis juga menambah arti pesan dari keterkejutan hingga kemarahan. Mulut, bila tidak berbicara bisa membentuk sudut bawah atau sudut naik yang membentuk senyuman.

Kontak mata adalah saluran komunikasi interpersonal yang penting, yang membantu merampingkan komunikasi dan juga menunjukkan ketertarikan pada seseorang. Selanjutnya, kontak mata antara pembicara dan penerima pesan dapat meningkatkan kredibilitas pembicara. Pembicara yang bisa melakukan kontak mata yang baik dapat membuka komunikasi dan menunjukkan ketertarikan, perhatian, kehangatan, dan kredibilitas.

Dalam bahasa tubuh, wajah kita adalah bagian yang paling ekspresif, dalam setiap interaksi wajah adalah hal pertama yang harus direferensikan secara alami, kita cenderung melihat wajah saat berbicara dengan orang lain. Kata-kata kita diperkuat oleh ungkapan di wajah kita. Kita memberi lebih banyak isyarat melalui wajah kita daripada melewati bagian tubuh lainnya, sesuatu yang harus kita harapkan dari kehadiran 22 otot di setiap sisi wajah.

Ekspresi / ekspresi wajah adalah salah satu cara penting untuk menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia. Manusia bisa mengalami ekspresi wajah tertentu dengan sengaja, namun umumnya ekspresi wajah dialami secara tidak sengaja karena perasaan atau emosi manusia. Biasanya sangat sulit menyembunyikan perasaan atau emosi wajah, meski banyak orang merasa sangat ingin melakukannya.

Banyak penelitian telah dilakukan terkait dengan wajah. Tapi itu adalah studi Charles Darwin yang pertama menyoroti pentingnya mempelajari ekspresi wajah dan berbagai emosi yang ditunjukkan melalui wajah. Secara umum, telah diterima bahwa, oleh semua budaya, ada 6 jenis emosi yang mudah dikenali.

Enam Emosi Universal:

  • Kebahagiaan
  • Kesedihan
  • Kejutan
  • Penyakit
  • Takut
  • Kemarahan

2. Gesture
Gerakan meliputi gerakan tubuh dan tangan saat berkomunikasi. Jika kita gagal memberi isyarat saat kita berbicara kita bisa dianggap membosankan, kaku dan tidak hidup.

Ekman dan Friesen (1969) mengidentifikasi lima jenis gerak tubuh, yaitu:

  • Lambang, yaitu gerak tubuh yang secara langsung menggantikan makna kata.
  • Ilustrator, yaitu isyarat yang membentuk apa yang ingin dikatakannya.
  • Affective Displays, yaitu gerak tubuh yang menunjukkan perasaan.
  • Regulator, yaitu isyarat yang berfungsi untuk mengendalikan arus pembicaraan.
  • Adaptor, yaitu isyarat yang mengacu pada pelepasan ketegangan dan bentuk lainnya.

3. Body Posture
Body Posture adalah sikap tubuh saat berkomunikasi. Sikap tubuh terbuka dan membutuhkan ruang yang besar dapat menunjukkan kenyamanan dan dominasi, jika tidak postur tertentu membuat seseorang terlihat kecil dan menunjukkan inferioritas.

Kami mengkomunikasikan sejumlah pesan dengan cara kami berjalan, berbicara, berdiri, dan duduk. Berdiri tegak tapi tidak kaku dan sedikit condong ke depan ke arah orang lain sehingga Anda bisa didekati, diterima dan bersahabat. Selanjutnya, kedekatan interpersonal tercipta saat kita dan lawan bicara kita saling berhadapan. Berbicara dengan memutar punggung atau melihat lantai atau atap harus dihindari karena ini mengungkapkan ketidaktertarikan Anda.

Ekman dan Friesen mengidentifikasi dua (2) hal yang berhubungan dengan gerakan tubuh, yaitu:

  • Aksi Tubuh: gerakan yang diamati dengan awal dan akhir yang jelas
  • Posisi Tubuh: waktu yang jelas di semua bagian dari tubuh

Halloway mengidentifikasi tujuh makna gerak tubuh:

  • dorongan / pengikatan
  • harmoni / ketidakharmonisan
  • sensitivitas / ketidakpekaan
  • positif / negatif
  • penuh / tidak memperhatikan
  • memfasilitasi / tidak menerima
  • dukungan / ketidaksetujuan

Kinesik juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Di bidang seni misalnya, bahasa tubuh intelijen bisa diukur dari segi apresiasi seorang seniman dalam bermain film, berteater, atau membaca puisi. Di bidang pendidikan, seorang guru akan menggunakan bahasa tubuh untuk mengklarifikasi materi yang dia sampaikan.

Sejauh ini makna kinesik, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda!

Baca juga:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Komunikasi Kinesik dan Komponennya"

    Pengertian Dan Sejarah Teater
    Apa itu Teater? Kata Teater berasal dari

    Tinggalkan pesan "Pengertian Komunikasi Kinesik dan Komponennya"