Pengertian Komunikasi Antar Budaya (KAB) Menurut Para Ahli

Apa Komunikasi Antara Budaya? Tema sentral yang sangat membedakan studi KAB dari studi komunikasi lainnya adalah tingkat perbedaan dalam latar belakang pengalaman yang relatif besar antara komunikator yang disebabkan oleh perbedaan budaya.

Sebagai asumsi dasar adalah bahwa di antara individu-individu dengan budaya yang sama, umumnya ada homogenitas yang lebih besar dalam hal latar belakang pengalaman secara keseluruhan dibandingkan dengan budaya yang berbeda.

Perbedaan budaya antara komunikator dan perbedaan lainnya, seperti kepribadian individu, usia, penampilan fisik, menjadi masalah yang melekat dalam proses komunikasi manusia. Dengan sifatnya, KAB dapat dianggap sebagai perpanjangan dari bidang studi komunikasi manusia, seperti komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi dan lain-lain atau dengan kata lain, KAB dapat ditemukan dalam semua.

Selama pengembangan KAB, banyak ahli telah mencoba untuk mendefinisikannya. Berikut ini dikutip beberapa dari mereka:

"Komunikasi antarbudaya … (Sitaram, 1970). (Komunikasi antarbudaya adalah seni untuk dipahami dan dipahami oleh khalayak yang memiliki budaya lain).

[1945909]

"Komunikasi adalah budaya ketika terjadi antara masyarakat dengan budaya yang berbeda." (Rich, 1974). (Komunikasi adalah budaya ketika terjadi di antara orang-orang dari berbagai budaya).

"Komunikasi antarbudaya … komunikasi yang terjadi dalam kondisi perbedaan budaya bahasa, nilai, kostum, dan kebiasaan." (Stewart, 1974). (Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang terjadi dalam kondisi yang mengindikasikan perbedaan budaya seperti bahasa, nilai, adat istiadat, adat istiadat).

Dari semua definisi ini, nampak jelas bahwa penekanannya pada perbedaan budaya merupakan faktor penentu dalam proses komunikasi Altho ugh KAB mengakui dan menangani masalah kesamaan dan perbedaan karakteristik budaya antara aktor komunikasi, fokus utama adalah pada proses komunikasi antara individu atau kelompok budaya yang berbeda, yang mencoba untuk berinteraksi.

Dengan demikian, konsep yang paling penting di sini adalah: Kontak dan komunikasi adalah ciri khas studi KAB dari studi antropologi dan psikologis lintas budaya yang berusaha menggambarkan budaya antar budaya.

Pemahaman komunikasi antar budaya oleh para ahli, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Juga baca:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Komunikasi Antar Budaya (KAB) Menurut Para Ahli"

    Pengertian Dan Unsur Unsur Kebudayaan
    Memahami Budaya dan Unsur Unsur Budaya |
    Pengertian Pembinaan Menurut Para Ahli
    Apa itu Coaching? Coaching secara etimologis berasal
    Pengertian Forward Chaining, Backward Chaining dan Certainty Factor
    Forward Chaining Menurut Arhami (2005: 115) Forward
    Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli
    Apa Prosedurnya? | Prosedur tidak hanya melibatkan

    Tinggalkan pesan "Pengertian Komunikasi Antar Budaya (KAB) Menurut Para Ahli"