Pengertian Katabolisme

Apa Katabolisme (Respirasi)? | Katabolisme adalah reaksi dekomposisi senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana dengan bantuan enzim.

Penguraian senyawa dapat menghasilkan energi. Energi kimia yang terkandung di dalam senyawa tidak dapat digunakan secara langsung oleh sel. Energi akan dikonversi terlebih dahulu menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang bisa digunakan oleh sel sebagai sumber energi yang digunakan.

Energi digunakan untuk melakukan reaksi kimia, pertumbuhan, transportasi, reproduksi, dan respons terhadap rangsangan.

Contoh katabolisme adalah respirasi seluler atau proses respirasi [1945905]. Respirasi adalah proses penguraian makanan yang menghasilkan energi. Respirasi dilakukan oleh semua sel penyusun makhluk hidup, baik sel tumbuhan, bakteri, protista, jamur, dan sel hewan dan manusia.

Respirasi dilakukan baik siang dan malam. Dilihat dari bentuk respirasi terbagi menjadi dua macam, yaitu respirasi eksternal (luar) dan internal (dalam).

Perhatian eksternal meliputi proses pengambilan oksigen dan pelepasan karbon dioksida dan uap air antara makhluk hidup dan lingkungannya, misalnya pada tanaman, hewan dan manusia. respirasi internal disebut serta respirasi seluler karena pernapasan ini terjadi di dalam sel, yaitu di sitoplasma dan mitokondria.

Berdasarkan kebutuhan oksigen, respirasi internal dibagi menjadi respirasi aerobik (membutuhkan oksigen) dan respirasi anaerobik (tidak memerlukan oksigen).

Kepastian katabolisme, semoga artikel ini bermanfaat ..

Baca juga:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Katabolisme"

    Pengertian Biokimia Menurut Para Ahli
    Definisi Biokimia - Biokimia adalah Bios =
    Pengertian, Jenis Dan Struktur Asam Nukleat
    Definisi, Tipe Dan Struktur Asam Nukleat -

    Tinggalkan pesan "Pengertian Katabolisme"