Pengertian Firewal dan Karakteristiknya

Apa Itu Firewall? | Pengertian Firewall adalah sebuah perangkat lunak atau perangkat keras atau kombinasi atau sistemnya sendiri untuk menghilangkan akses yang tidak berhak ke suatu jaringan sehingga ada suatu mekanisme yang wajib untuk melindungi, baik dengan menyaring, atau bahkan menolak suatu hubungan / kegiatan (dari luar ke dalam atau ke luar) suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan. Segmen tersebut bisa merupakan sebuah jaringan workstation, server, router, atau local area network (LAN) maupun wireless.

Konsep Firewall atau tujuannya adalah untuk melindungi dengan:

  • Menyaring, Membatasi, Menolak hubungan suatu segmen (Server, Router, LAN) pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya.


Karakteristik Firewall:

  1. Semua hubungan / kegiatan dari dalam ke luar, harus melewati firewall
  2. Hanya kegiatan yang dapat / terhubung yang dapat melewati / melakukan hubungan
  3. Firewall itu sendiri suka kebal atau relatif kuat terhadap serangan / kelemahan

Teknik yang digunakan di Firewall:

  1. Service control (kendali terhadap layanan) : Berdasarkan tipe-tipe layanan yang digunakan di Internet dan boleh diakses baik untuk di dalam maupun keluar firewall Tekhnik akan mencek no IP Address dan juga nomor port yang di gunakan pada protokol TCP .
  2. Pengendalian Arah (kendali terhadap arah): Berdasarkan arah dari berbagai permintaan (permintaan) terhadap layanan yang akan dikenali dan diijinkan melewati firewall.
  3. Pengendalian pengguna: Berdasarkan pengguna / pengguna untuk dapat menjalankan suatu layanan, ada pengguna yang dapat dan ada yang tidak dapat menjalankan suatu servis, hal ini di karenakan pengguna yang tidak di ijinkan untuk melewati firewall . Digunakan untuk pemakaian pengguna dari jaringan lokal untuk akses keluar
  4. Kontrol Perilaku (kontrol terhadap pengobatan): Berdasarkan banyak layanan yang telah digunakan. Misal, firewall bisa memfilter email untuk menanggulangi / menangkal spam.

Sekian pengertian firewall, semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Baca juga:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Firewal dan Karakteristiknya"

    Pengertian Pembinaan Menurut Para Ahli
    Apa itu Coaching? Coaching secara etimologis berasal
    Pengertian Forward Chaining, Backward Chaining dan Certainty Factor
    Forward Chaining Menurut Arhami (2005: 115) Forward
    Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli
    Apa Prosedurnya? | Prosedur tidak hanya melibatkan
    Pengertian Dan Sejarah Jejaring Sosial
    Pernahkah anda mendengar tentang jejaring sosial? makhluk

    Tinggalkan pesan "Pengertian Firewal dan Karakteristiknya"