Pengertian Dan Unsur Unsur Kebudayaan

Memahami Budaya dan Unsur Unsur Budaya | Memahami Budaya | Unsur Budaya | Kata Budaya berasal dari bahasa sangsakerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata "buddhi" yang berarti akal atau akal.

Budaya didefinisikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan akal atau akal. Untuk lebih memahami budaya, di bawah ini akan dikemukakan pemahaman budaya oleh para ilmuwan.

Pengertian Budaya oleh EB Tylor, Budaya adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, moral, hukum, seni, adat istiadat dan kebiasaan yang dianut manusia sebagai anggota masyarakat. Budaya mencakup semua yang orang dapatkan atau pelajari sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Pemahaman budaya adalah hasil dari rasa, karya dan penciptaan masyarakat. Dalam hal ini, karya masyarakat menghasilkan teknologi dan budaya budaya material atau fisik yang dibutuhkan manusia untuk mendominasi alam sekitarnya, sehingga kekuatan dan hasilnya bisa dikhususkan untuk kebutuhan masyarakat.

Babi dan Burgess mengajukan gagasan tentang budaya, Budaya adalah jumlah totalitas dan organisasi dan warisan sosial yang diterima sebagai sesuatu yang bermakna yang dipengaruhi oleh karakter dan sejarah kehidupan suatu bangsa.

Herskovits memandang budaya sebagai sesuatu yang super organik, karena budaya yang turun temurun dari generasi ke generasi terus berlanjut terus menerus. Dalam kehidupan sehari-hari pemahaman tentang budaya diidentifikasikan dengan seni, seni ini terutama seni tarian dan seni suara. Namun, jika istilah budaya didefinisikan menurut ilmu sosial, maka dapat dikatakan bahwa seni adalah salah satu bagian dari budaya.

Dari pengertian budaya di atas, dapat disimpulkan bahwa Budaya adalah sebuah karya, rasa dan daya cipta masyarakat diturunkan dari generasi ke generasi dari generasi ke generasi. Budaya berguna bagi manusia untuk melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan yang terjadi antara manusia dan sebagai wadah semua perasaan manusia.


| Unsur Unsur Budaya |

Berbicara tentang unsur-unsur unsur budaya, Melville J. Herskovits merumuskan empat elemen elemen budaya, yaitu:
1. Alat teknologi
2. Sistem Ekonomi
3. Keluarga
4. Politik Power

Pelopor teori fungsional dalam antropologi, Bronislaw Malinowski menyebutkan unsur-unsur utama budaya berikut ini:
(1) Unsur budaya adalah sistem norma yang memungkinkan kerjasama antar anggota masyarakat dalam usaha untuk mendominasi lingkungan sekitar. dunia
] (2) Unsur budaya adalah organisasi ekonomi.
(3) Unsur budaya, yaitu alat atau institusi atau petugas pendidikan, harus diingat bahwa keluarga merupakan institusi pendidikan utama
(4) Unsur budaya pengorganisasian kekuatan.

Beberapa jenis unsur budaya digunakan untuk kepentingan ilmiah dan analisisnya dikelompokkan menjadi unsur-unsur unsur budaya dasar atau besar. Ini menunjukkan bahwa unsur unsur budaya bersifat universal, yang berarti dapat ditemukan di setiap budaya yang ada di tempat lain.

C. Kluckhohn dalam karyanya yang berjudul Kategori Budaya Universal menyebutkan bahwa ada 7 elemen unsur budaya yang dianggap sebagai budaya universal, yaitu:
1. Unsur budaya peralatan dan perlengkapan kehidupan manusia (1945) pakaian, perumahan, peralatan rumah tangga, senjata, sarana produksi dan sebagainya).
2. Unsur budaya penghidupan dan sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan sebagainya).
3. Unsur budaya adalah sistem sosial (sistem kekerabatan, sistem hukum, organisasi politik, sistem perkawinan).
4. Unsur budaya bahasa (lisan dan tulisan).
5. Unsur budaya seni (seni, seni suara, seni gerak dan sebagainya).
6. Unsur budaya adalah sistem pengetahuan.
7. Unsur budaya terakhir Religi (sistem kepercayaan)

Menurut Bronislaw Malinowski dalam kerangka budaya secara keseluruhan, tidak ada unsur budaya yang tidak sesuai penggunaannya. Jika ada unsur budaya yang kehilangan kegunaannya, maka unsur budaya akan hilang dengan sendirinya. Kebiasaan, dorongan dan tanggapan yang didapat oleh pembelajaran dan pondasi organisasi harus diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.


Begitu banyak diskusi tentang gagasan budaya dan unsur budaya, semoga pasal ini bermanfaat.

Sumber:

– Soerjono Soekanto, 2003. Sosiologi Pengantar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Lihat juga:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Dan Unsur Unsur Kebudayaan"

    Pengertian Komunikasi Antar Budaya (KAB) Menurut Para Ahli
    Apa Komunikasi Antara Budaya? Tema sentral yang
    Pengertian Keluarga Dan Ciri-Ciri Keluarga
    Pengertian Keluarga - Keluarga dengan sistem konjungal,
    Pengertian Sistem Sosial
    Definisi Sistem Sosial - Umumnya masyarakat mendefinisikan
    Pengertian Ras Menurut Para Ahli
    Definisi Ras - Ada beberapa ilmuwan yang

    Tinggalkan pesan "Pengertian Dan Unsur Unsur Kebudayaan"