Pengertian Dan Sejarah Teater

Apa itu Teater? Kata Teater berasal dari kata Yunani kuno "theatron" yang secara harfiah berarti bangunan, tempat, panggung, dan pusat persembahan. Teater juga bisa diartikan mencakup bangunan, pekerja (pemain dan awak kapal), serta kegiatan (isi / acara / acara). Sementara itu, ada juga rata-rata teater seperti semua jenis dan bentuk tontonan, baik di panggung maupun arena terbuka.

Secara etimologis, teater adalah
teater atau auditorium. Dalam arti luas, teater adalah semua tontonan yang ditampilkan di depan orang banyak. Teater juga bisa diartikan sebagai drama, life story dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas panggung dengan media: percakapan, gerak dan tingkah laku berdasarkan naskah tertulis yang didukung oleh hiasan, musik, lagu, tarian,

Bernard Beckerman, kepala departemen drama di Hofstra University, New York, dalam bukunya, Dynamics of Drama, mendefinisikan teater sebagai "yang terjadi ketika manusia atau lebih, terisolasi dalam waktu / ruang, orang lain". Teater juga bisa berbentuk: opera, balet, wayang golek, tarian India klasik, improvisasi, performa, dan pantomim. (dikutip dari http://aamovi.wordpress.com/2009/03/26/pengertian-drama-dan-teater-2)

Secara singkat dapat diberikan definisi teater yaitu
sebuah kegiatan Ekspresi yang berangkat dari arus cerita ditampilkan dengan menggunakan tubuh sebagai media utama, sedangkan dalam proses pembuatannya digunakan unsur gerak, suara, suara dan rupa (bentuk) yang dipresentasikan kepada penonton. Adanya teater di tengah kehidupan masyarakat adalah risiko budaya dinamika kehidupan masyarakat yang sama dengan risiko budaya, politik dan sebagainya. Dengan pemahaman bahwa teater sebagai salah satu bentuk seni yang dipresentasikan oleh dinamika masyarakat.

Seni teater menggabungkan elemen elemen audio, visual, dan kinestetik (19459005) yang mencakup suara, suara, musik, gerak dan seni rupa. Seni teater adalah kesatuan artistik yang diciptakan oleh dramawan, sutradara, pemeran, seniman, pekerja teknik, dan diproduksi oleh sekelompok orang produksi. Sebagai seni kolektif, seni teater dilakukan bersama-sama yang mengharuskan segala sesuatunya selaras dan berirama dan perlu diselaraskan dari keseluruhan tim. Pertunjukan ini merupakan proses seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan artistik bersama. Dalam proses produksi artistik ini, ada sekelompok orang yang mengkoordinasikan kegiatan (tim produksi).

Sejarah Teater Sejarah panjang seni teater diyakini ada sejak manusia mulai berinteraksi satu sama lain. Interaksi juga terjadi bersamaan dengan interpretasi alam semesta. Dengan demikian, makna teater tidak jauh dari interaksi dan interpretasi antara manusia dan alam semesta.

Waktu dan tempat pertunjukan teater pertama kali mulai tidak diketahui. Satu-satunya hal yang bisa diketahui adalah teori asal-usulnya. Antara lain teori tentang asal mula teater adalah sebagai berikut:

  1. Berasal dari upacara keagamaan primitif. Elemen cerita ditambahkan ke upacara semacam itu yang akhirnya berevolusi menjadi pertunjukan teatrikal. Meski upacara keagamaan telah lama ditinggalkan, namun teater ini terus berlanjut sampai sekarang.
  2. Berasal dari sangyian untuk menghormati seorang pahlawan di dalam kuburnya. Dalam acara ini seseorang meriwayatkan kehidupan sang pahlawan yang sudah lama dipamerkan dalam bentuk teater.
  3. Berasal dari kecenderungan manusia mendengarkan ceritanya. Cerita ini kemudian juga dibuat dalam bentuk teater (kisah berburu, kepahlawanan, perang, dll).

Sejauh ini arti Teater, mudah-mudahan artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi anda!

Baca juga:

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Pengertian Dan Sejarah Teater"

    Pengertian Pembinaan Menurut Para Ahli
    Apa itu Coaching? Coaching secara etimologis berasal
    Pengertian Forward Chaining, Backward Chaining dan Certainty Factor
    Forward Chaining Menurut Arhami (2005: 115) Forward
    Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli
    Apa Prosedurnya? | Prosedur tidak hanya melibatkan
    Pengertian Dan Sejarah Jejaring Sosial
    Pernahkah anda mendengar tentang jejaring sosial? makhluk

    Tinggalkan pesan "Pengertian Dan Sejarah Teater"